Persiapan Calon Komuni Pertama & Calon Penerima Sakramen Penguatan

Paroki Sragen (LENTERA) – Tim Pelayanan Inisiasiasi (Baptis, Komuni, Krisma) Dewan Pastoral Paroki Sragen tahun ini memiliki banyak pekerjaan. Mereka pun akan dibantu para Katekis lingkungan se- Paroki Sragen. Adapun kegiatannya meliputi menyiapkan pendampingan dan pelajaran bagi peserta calon penerima Komuni Pertama dan peserta calon penerima Sakramen Penguatan.

Seluruh peserta Calon Komuni Pertama, peserta Calon Sakramen Penguatan dan para Katekis/Pengajar lingkungan se-Paroki Sragen, Minggu (06/02) dikumpulkan di SMA Saverius Sragen untuk pertemuan perdana untuk diberi pengarahan seputar tehnis pelajaran yang akan dilaksanakan. Pertemuan ini menerapkan protokol kesehatan dan dijadwal bergantian untuk menghindari kerumunan. Diawali para calon Komuni Pertama, kemudian dilanjutkan para para calon Sakramen Penguatan dan yang terakhir adalah para Katekis/Pengajar Lingkungan se – Paroki Sragen.

Komuni Pertama
Peserta calon Komuni Pertama yang mendaftar ada 68 orang. Pelajaran calon Komuni dilaksanakan di Gereja Paroki Sragen setiap hari Minggu pukul 09, mulai tgl. 20 Februari. Untuk Wilayah Kedawung, Jenawi, Sidoharjo diharapkan dapat mengadakan pelajaran sendiri, sehingga yang di daerah bisa mengikuti pelajaran sesuai wilayah/stasi masing-masing. Peserta membeli Buku Panduan ke Panitia. Untuk Penerimaan Komuni Pertama rencana akan dilaksanakan bulan Juni 2022

Sakramen Penguatan
Peserta calon penerima Sakramen Penguatan yang mendaftar ada 210 orang. Pelajaran diadakan di lingkungan /wilayah masing-masing. Bagi lingkungan yang tidak punya pengajar bisa bergabung ke wilayah/lingkungan terdekat. Pelajaran dilaksanakan sebanyak 20 kali pertemuan. Bisa dimulai akhir bulan Februari. Ada 5 kali pelajaran bersama di Paroki yakni mulai 3 April, 1 Mei, 5 Juni,3 Juli, 7 Agustus kumpul di Gereja Paroki Sragen. Peserta diminta Beli buku panduan seharga Rp. 10.000 ke Panitia.

Pertemuan Katekese/ Pengajar
Untuk menyiapkan Komuni Pertama dan Penerima Sakramen Penguatan tentunya dibutuhkan para Katekis/pengajar. Maka Para Katekis/Pengajar Lingkungan se-Paroki Sragen pun dikumpulkan untuk penyampaian materi yang akan disampaikan. Peserta yang hadir pun sebanyak 50 orang
Materi pelajaran Sakramen Penguatan disampaikan di lingkungan/wilayah, sedangkan pelajaran di Gereja itu berisi evaluasi 4/5 kali pertemuan di Wilayah/lingkungan.

Para Guru/pengajar pun saling sharing tentang kendala, masalah dalam penyampaian materi dan tanya jawab seputar persiapan, pembelajaran sakramen penguatan agar dapat berjalan dengan baik secara rencana. Penekanan kepada calon Sakramen Penguatan tentang keaktifan dalam hidup menggereja. (dn)