Pertemuan Tim Pendataan Umat Lingkungan : “Berpastoral dengan data Umat”

Paroki Sragen (LENTERA) – Tim Kerja Litbang Dewan Pastoral Paroki Sragen mengadakan Pertemuan Tim Pendataan Umat Lingkungan se-Paroki Sragen, Minggu (06/02) di Aula SMP Saverius Sragen. Pertemuan ini sekaligus memperbaharui Tim Litbang Paroki dan juga Tim Pendataan Lingkungan mengingat ada perubahan formasi Pengurus Dewan Pastoral Paroki Sragen baru masa bhakti 2022 -2024 dan tentunya juga ada beberapa perubahan di Tim Pendataan Umat di lingkungan.

Para personil Litbang Paroki dan Tim Pendataan Umat Lingkungan diajak mereview kembali tugas dan tanggungjawab dalam pendataan umat, terutama anggota baru. Data Umat menjadi sangat penting dalam pelayanan Pastoral Gereja dan tentunya tugas Tim Pendataan sangatlah vital karena harus menyajikan data yang valid.

Apalagi Pendataan Umat sekarang sudah didukung Sistem Data Online yang dibuat oleh Litbang Keuskupan Semarang, butuh konsisten dan ketelitian dalam memasukkan data umat. Diharapkan data umat Paroki Sragen dapat selalu diupdate sehingga bisa diketahui perkembangan umat di Paroki Sragen sehingga bisa menentukan kebijakan berpastoral sesuai data yang ada, demikian diungkapkan Bp. Martinus Heru Palmiyanto, Ketua Bidang Litbang Dewan Pastoral Paroki Sragen.

Selanjutnya acara dipandu oleh Bp. Y. Dwi Yulianto (Tim Pelayanan Data Umat) yang menjelaskan tentang aplikasi data umat dan tehnis cara mengisi data online dengan benar dan Bp. Matius Mardhani (Sekretariat Paroki) yang menjelaskan cara mengisi data umat agar terkoneksi dengan data sakramen yang diiinput oleh Sekretariat Paroki.

Acara selanjutnya adalah tanya jawab, memberi kesempatan para Tim Pendataan Lingkungan untuk bertanya dan mendapat jawaban langsung dari Tim Litbang Paroki. Yang terakhir adalah Update personil Tim Pendataan Lingkungan oleh Bp. Bernadus Catur Andi (Tim Pelayanan Pengembangan SDM). (dn)