Pertemuan Lektor : Keseragaman Tata Gerak Lektor

Paroki Sragen (LENTERA) – Pertemuan perdana Lektor di tahun 2022 diadakan Minggu (13/03) di Aula SMP Saverius Sragen yang dihadiri 51 orang yang merupakan seluruh Lektor aktif dan perwakilan dari lingkungan separoki Sragen.

Tim Pelayanan Lektor Dewan Pastoral Paroki Sragen mendata kembali lektor-lektor yang baru setelah kegiatan gereja mulai aktif kembali, karena banyak juga lektor yang tidak aktif dikarenakan tugas sekolah, pekerjaan dan pindah domisili

Acara dibuka oleh Sdr. Christina Ria Ernawati, kemudian dilanjutkan sambutan dari Bp. Paulus Supriwidodo, Ketua Bidang I Dewan Pastoral Paroki Sragen. Pada kesempatan itu Bapak Supri menekankan bahwa peran lektor yang penting adalah bagaimana cara membawakan Sabda Tuhan itu dapat diterima dan dihayati oleh umat, harus memahami artikulasi, intonasi yang benar sehingga umat paham bagaimana isi Sabda Tuhan. Perlunya memahami Tugas lektor sebagai bentuk perutusan sehingga sebagai lektor juga harus menghayati Sabda yang akan disampaikan.

Adapun materi pertemuan lektor disampaikan oleah Ibu Yoana Fransiska Kristiana dan Ibu Anastasia Alfiana Kusumadani yang mengupas tentang keseragaman tata gerak lektor mulai dari awal bertugas sampai selesai. Bagaimana penampilan lektor yang baik dalam membawakan Sabda Tuhan. Keseragaman tata gerak menjadi penting agar dapat bertugas dengan lebih baik dan serasi dengan petugas yang lain. Percaya diri dan persiapan harus dipupuk agar ketrampilan lektor semakin meningkat, oleh karenanya harus selalu berlatih dan membaca Sabda setiap hari agar Sabda dihayati dlm keseharian.

Disampaikan pula bahwa semua lektor yang hadir adalah Lektor Paroki Sragen, jangan terkotak-kotak lektor lingkungan atau wilayah, jadi harus siap untuk bertugas di paroki. Untuk lektor baru akan diberikan pendampingan untuk persiapan sebelum bertugas.(alf)